Friday, January 22, 2010

BackEnd dan FrontEnd Joomla!

By Jo-omla!
Setelah kita belajar menginstall joomla! di komputer lokal kita, maka pada postingan kali ini saya akan membahas dua kata yang menjadi judul postingan ini. Sebagai ilustrasinya saya akan mengambil contoh toko roti. Pernahkah anda ke toko roti? Jika anda mendatangi toko tersebut, kita akan dihidangkan dengan pemandangan roti yang berbagai macam bentuk dan rasa. Wanginyapun semerbak. Apalagi jika penjualnya memakai pakaian yang seragam dan tampak cantik. Lain halnya dengan dapur pembuatan roti yang didalamnya ada koki-koki. Hanya orang-orang yang berhak(pemilik,koki,pekerja) saja mengetahui isi dapur dan segala yang terjadi didalamnya.

Dapur toko roti tersebut bisa dikatakan sebagai BackEnd. Dan hidangan berbagai macam roti yang kita lihat di toko roti tersebut dikatakan sebagai FrontEnd.
Seperti halnya toko roti, joomla!pun memiliki FrontEnd dan BackEnd. BackEnd joomla! adalah halaman-halaman yang hanya dapat dikunjungi oleh admin dan atau siapa saja yang diberikan hak. Tentu saja untuk masuk ke halaman ini harus menggunakan username dan password. Pada halaman BackEnd inilah sang admin dan konco-konconya melakukan penyetingan pengguna, template, komponen, artikel dan lain-lain. Hasil dari racikan BackEnd ini akan terlihat di FrontEnd oleh pengunjung. Halaman FrontEnd bisa dikunjungi oleh siapa saja tanpa perlu memasukkan password, kecuali admin menginginkan hal tersebut.
Pada joomla! halaman BackEnd biasanya dapat dikunjungi dengan mengetikkan "nama_domain/administrator" pada kotak alamat browser. Sedangkan halaman utaman FrontEnd, tinggal menghilangkan kata "administrator". Berikut gambar BackEnd dan FrontEnd Joomla!. BackEnd Joomla!
FrontEnd Joomla!

0 comments:

Post a Comment

Air Tubs

About Me

Marcadores

Cari Di sini


Download Joomla!

Followers

TanThowi.Com