Thursday, January 21, 2010

Menginstall Joomla! di Komputer Sendiri

By Jo-omla!
Mudah-mudahan anda tidak bingung dengan judul diatas. Maksud judul di atas adalah menginstall Joomla! bisa di komputer masing-masing tanpa perlu koneksi internet (offline). Jadi tanpa terhubung internet kita bisa melihat website kita. Cara ini efektif loh untuk menghemat bandwidth anda. Namun ada syarat agar hal ini bisa dilakukan. Syarat tersebut adalah komputer kita terinstall web server (apache), PHP, dan database (MySQL).Agar lebih gampangnya anda bisa menggunakan wampserver, xampp, dll. Pengguna linux bisa menggunakan Lamp. Saya sendiri menggunakan wampserver. Jika software tersebut sudah terinstall, maka kita langsung saja melakukan proses instalasi.
Berikut adalah langkah-langkahnya. 


  1. Extrak file joomla! yang anda download di folder wamp/www/. lalu rename folder tersebut sesuai keinginan anda. Pada contoh ini saya rename menjadi joomla.  
  2. Selanjutnya buka browser anda dan pergilah ke alamat localhost/folder_yang_direname. Pada contoh ini localhost/joomla. Jika alamat yang diketikkan benar, anda akan dibawa ke halaman seperti ini. Tekan tombol Next untuk pergi ke tahap selanjutnya. 
  3. Pada langkah "Pre-installation Check" ini, akan dilakukan pengecekan sistem. Pada kotak bagian atas semua harus di kondisi hijau(Yes), sedangkan pada kotak bagian bawah usahakan hijau semua. Jika ada yang merah seperti pada contoh lakukan perubahan setting dengan mengklik kiri ikon wampserver, sorot ke PHP-PHP Settings. Setelah melakukan setting tersebut, tekan tombol Check Again. Tekan tombol Next jika pengecekan berwarna hijau semua.
  4. Tekan tombol Next setelah anda membaca (atau tidak baca) License dari joomla.
  5. Pada bagian "Database Configuration" isikan seperti pada gambar. Nama database bisa anda isi sesuai keinginan anda, carilah yang sulit namun gampang anda ingat. Table prefix default joomla adalah jos_, ini artinya semua table pada database anda akan mempunyai nama dengan awalan "jos_". Saran saya gantilah table prefix ini, untuk alasan keamanan aja.
  6. Pada langkah "FTP Configuration" kita langkahin atau biarkan saja dengan menekan tombol Next, kecuali anda sudah memiliki hosting di internet.
  7. Selanjutnya pada langkah "Main Configuration" silahkan di isi sesuai keinginan anda. Ingat jangan lupa password anda. Jika lupa, password akan di reset melalui email anda(buat yang udah online). Jika anda adalah seorang pemula banget, untuk memudahkan pelajaran anda bisa mendapatkan contoh dengan menekan tombol "Install Sample Data". Tekan Next jika sudah melakukan konfigurasi.
  8. Nah gambar selanjutnya merupakan akhir dari instalasi joomla!. Username default adalah admin. Username ini bisa kita ganti nantinya. Namun sampai tahap ini, website kita masih belum bisa dilihat hasilnya karena kita harus menghapus folder instalasi yang ada di dalam folder joomla(folder yang ada pada langkah pertama). Jadi hapus dahulu folder itu ya.
  9. Jika sudah di hapus tekan tombol admin pada langkah "Finish" -- atau pergi ke alamat pada langkah kedua(nih hasil website anda) lalu di tambahin kata "/administrator" tanpa tanda petik -- untuk pergi ke halaman administrator.



Selamat, Anda sudah berhasil menginstall joomla! di komputer anda. Selanjutnya anda tinggal bermain-main pada halaman admin jika hendak mengubah situs anda.




0 comments:

Post a Comment

Air Tubs

About Me

Marcadores

Cari Di sini


Download Joomla!

Followers

TanThowi.Com