Saturday, March 13, 2010

Lebih Dekat dengan Global Configuration (System)

Postingan kali ini masih membahas tentang Global Configuration, yang melanjutkan postingan sebelumnya yaitu Lebih Dekat dengan Global Configuration (Site). Namun kali ini saya akan membahas mengenai Setting System yang ada di Global Configuration tersebut.



System Settings
Secret Word: Teks yang dihasilkan secara otomatis dan random ketika melakukan instalasi joomla!. Teks ini berhubungan dengan keamanan.
Path to Log folder: Lokasi atau direktori log.
Enable Web Services: Memungkinkan penggunaan layanan-layanan web.
Help Server: Menentukan sumber bantuan, apakah dari help.joomla.org atau dari komputer lokal.

User Settings
Allow User Registration: Pengaturan untuk izin mendaftar pada website kita. Jika memilih “no” maka link untuk mendaftar (create an account) tidak akan muncul pada form login. Link untuk mendaftarpun tidak bisa digunakan.
New User Registration Type: Saat melakukan registrasi, user secara otomatis akan masuk ke dalam group akses yang kita pilih di sini.
New User Account Activation: Jika memilih “yes” maka user yang sudah registrasi bisa aktif dengan mengklik link yang otomatis dikirim ke alamat email user tersebut. Sedangkan jika memilih “no” maka akun user hanya bisa aktif jika diaktifkan oleh administrator.
Front-end User Parameters: untuk mengonfirmasi apakah user dapat memilih bahasa, editor dan help site preference pada waktu mereka login.


Media Settings
Legal Extensions (File Types): Adalah extension-extension file yang diizinkan untuk diupload diwebsite kita. Jika terdapat lebih dari satu extension file, maka harus dipisahkan dengan tanda koma.
Maximum Size (in bytes): Ukuran maksimum file yang di upload. Jika tidak ingin dibatasi, isilah dengan 0.
Path to Media Folder: Path ke lokasi folder penyimpanan media atau file-file yang diakses melalui media manager.
Path to Image Folder: Path ke lokasi folder penyimpanan semua file-file gambar.
Restrict Uploads: Pilihan “yes” akan melarang user(yang hak aksesnya dibawah manager) untuk mengupload file.
Minimum User Level for Media Manager: Grup minimum yang bisa mengakses media manager.
Check MIME Types: jika memilih “yes”, joomla akan menggunakan MIME Magic atau Fileinfo untuk memverifikasi file-file. Tetapi jika proses verifikasi error, kita bisa mengabaikan fitur ini dengan memilih “no”.
Legal Image Extensions (File Types): Extension file-file gambar yang diperbolehkan untuk diupload. Pisahkan nama-nama extension dengan tanda koma.
Ignored Extensions : Extension yang diabaikan oleh joomla.
Legal MIME Types: Daftar tipe MIME yang boleh digunakan untuk diupload. Pisahkan dengan tanda koma jika lebih dari satu.
Illegal MIME Types: Daftar tipe MIME yang tidak diizinkan untuk diupload. Pisahkan dengan tanda koma jika lebih dari satu.
Enable Flash Uploader: Pilihan apakah flash uploader akan digunakan atau tidak untuk meng-upload media di media manager.

Debug Settings
Pengaturan ini terkait apakah anda ingin menampilkan pesan error atau tidak.
Debug System: Jika memilih “yes”, pesan kesalahan informasi diagnostik, terjemahan bahasa, dan sql akan dimunculkan. Informasi ini akan dimunculkan pada bagian bawah setiap halaman yang anda lihat. Untuk itu sebaiknya pilihlah “no” jika website kita telah berjalan di internet(online). Gunakan ini hanya ketika di komputer lokal (offline)
Debug Language: Pilihan apakah debugging indicators (“…”) atau (?...?) untuk file joomla! Language akan ditampilkan atau tidak. Debug ini akan tetap bekerja tanpa harus mengaktifkan debug system, hanya saja kita tidak akan mendapatkan referensi detil yang mungkin berguna bagi kita.

Cache Settings
Cache: Pilihan apakah kita akan menggunakan cache atau tidak.
Cache Time Minutes: Berapa lama cache tersebut akan tersimpan sebelum direfresh.
Cache Handler: Mekanisme cache. Saat ini yang tersedia baru berbasis file.

Session Settings
Setiap user login, ada catatannya. Joomla! Akan menghitung berapa lama user ini tidak melakukan aktivitas sejak aktivitas terakhirnya. Pencatatan ini ada di session.
Session Lifetime: Berapa lama sebuah session akan berlaku. Dihitung sejak aktivitas terakhir.
Session Handler: Mekanisme identifikasi session.

3 comments:

travel said...

link added pal to tanthowi.com ..pls link back to my blog..thank u

Mr Daha said...

Hye, i have added link http://bisnisukm.com in my blog. Hope you can link me back. Please give me the exact link so i can check it later. thanks.

http://mrdaha.blogspot.com

travel to said...

link has been fixed..please check and link back to my site..thanks..

Post a Comment

Air Tubs

About Me

Marcadores

Cari Di sini


Download Joomla!

Followers

TanThowi.Com