Friday, February 26, 2010

Lebih Dekat dengan Global Configuration (Site)

Global Configuration (Site)
Global Configuration adalah bagian dari Site menu pada backEnd Joomla!. Halaman ini digunakan untuk mengelola atau mengatur nilai variabel-variabel yang ada di file configuration.php.  Pada joomla! 1.5 Global Configuration dibagi 3 tab atau kelompok setting, yaitu kelompok Site, kelompok System, dan kelompok Server. Pada postingan kali ini kita cuman ngebahas kelompok Site. Sedangkan  yang lainnya akan kita bahas pada postingan selanjutnya.

Site Settings
Site Offline:  Pengaturan ini digunakan untuk mengatur keadaan online atau offlinenya frontpage website. Online jika yang dipilih Yes dan Offline jika yang dipilih No. Offline disini bisa dibilang website kita tidak aktif. Pilihan offline ini berguna jika kita melakukan maintenance website.
Offline Message:  Tuliskan pesan yang anda inginkan pada frontpage website jika website dalam keadaan Offline. Misalkan website kami sedang dalam perbaikan..silahkan kembali 1 menit lagi.
Site name: Adalah nama website yang sebelumnya telah anda isi pada waktu instalasi joomla!. Nama situs joomla! Anda bisa dirubah sesuka hati  di sini.
Default WYSIWYG Editor: Mengatur text editor yang anda gunakan ketika mengetik di joomla!. Anda bisa memilih text editor yang anda suka disini. TinyMCE adalah text editor default joomla!. Anda bisa menambahakan text editor lainnya seperti JCE.
List Length: Merupakan jumlah artikel/berita/link yang akan ditampilkan dalam control panel untuk semua user.
Feed length: Jumlah item/artikel yang ditampilkan dalam feed.

Metadata Settings
Metadata secara umum dapat diartikan data tentang data. Bingung nggak? Dalam konteks ini secara mudah dapat diterjemahkan sebagai informasi atau keterangan tentang website kita. Metadata ini sangat berpengaruh terhadap mesin pencari atau search engine seperti Google, Yahoo, Bing dan lain-lain. Bahasa gaulnya tuh SEO(Search Engine Optimization). Metadata ditulis dengan menggunakan XHTML. Orang yang males dengan pemrograman seperti saya kadang ogah nulis kode-kode metadata. Maklum masih belum ngerti pemrograman gitu. Ilmunya masih kelas bawah. Tapi untungnya di joomla! Kita hanya perlu mengisi tanpa menulis kode-kode rumit tersebut. Berikut setting yang ada pada Metadata.
Global Site Meta Description: Isilah dengan deskripsi website anda. Usahakan tidak lebih dari 155 karakter agar deskripsi website bisa terlihat penuh oleh om Google, kang bing, mas yahoo dan konco-konconya.
Global Site Meta Keywords: masukkan kata kunci yang berhubungan dengan website anda. Pisahkan dengan tanda koma jika keyword anda terdapat lebih dari satu.
Show Title Meta Tag: Jika memilih Yes, maka judul meta tag akan ditampilkan ketika melihat artikel.
Show Author Meta Tag: Pilihan untuk menampilkan nama pengarang/penulis pada setiap artikel.

SEO Settings
Seperti yang udah saya bilang SEO tuh singkatan Search Engine Optimization. Kalau pada Metadata search engine akan membaca data, sedangkan pada bagian ini lebih diarahkan ke pengaturan format URL agar lebih enak dipandang. Silahkan coba sendiri efeknya soalnya lagi males ngasi preview. :D. yang jelas kalau bawaan default joomla, URLnya ga enak dipandang. Jadi mesti di setting di sini ya.
Search Engine Friendly URLs: Saya rekomendasikan untuk memilih Yes biar enak dipandang
Use Apache mod_rewrite: Jika anda memilih Yes, maka kita akan melibatkan modul apache yang bernama mod_rewrite dalam mengoptimasi URL. Sebelum memilih yes, anda harus mengaktifkan modul mod_rewrite di Apache. Selanjutnya, ubahlah httaccess.txt menjadi .httaccess pada direktori utama joomla!.
Add suffix to URLs: pilihan yes akan menambahkan suffix (.html) pada setiap URL.


8 comments:

Lembaga Pelatihan said...

Wah nice info nih... maukah.. sohib periksakan Joomla saya...!! dan kasih info ke saya kekurangannya... Namanya Agie Joomla.. Trims banget yah.. sebelumnya.

Osi said...

Masih awam tentang jomla...terima kasih telah berbagi pengetahuan

Salon Oyah said...

Mampirr, slm knal yaaa... please follow me, aq ud follow u ... Tar aq psg link u di Friends' Links aq... tq

Lembaga Pelatihan said...

Trims atas kunjungan dan segala kebaikannya... mudah mudahan menjadi kebaikan buat Jojo...Peace.

Ferdinand said...

Wah kaya pelajaran Joomla ane dulu SOb hhe.......Chayo Sob..... tambah terus ilmunya .....btw Sbox'y ga bza tuch Sob....mending ganti chatbox aj Sob

oempak said...

harus pelajari joomla na dulu nih, blm pernah sma skali buka joomla, anyway thanks :)

Anonymous said...

mas minta tolong donk! knapa di joomla saya gk ada global configuration nya! ada yang salah kah dengan jomlaa saya! mohon bantuannya! trima kasih sebelumnya!

Harun SEO said...

This type of post always inspiring and I prefer to read quality content, so happy to find good place to many here in the post keep share more post. You want build joomla Website Web Design And Development Bangalore | Web Design and Development Company In Bangalore | Website Design Company In Bangalore | Website Design Company Bangalore

Post a Comment

Air Tubs

About Me

Marcadores

Cari Di sini


Download Joomla!

Followers

TanThowi.Com